Wakaf adalah menahan pokoknya dan membagikan hasilnya, terjadi perbedaan pendapat antara wakaf menurut para madzhab imam syafii dengan wakaf madzhab Imam Hanafi, menurut Imam Syafi’i: wakaf terbatas pada barang tidak bergerak: seperti makam, mushola dan masjid (3M), Sedangkan wakaf menurut Madzhab Imam Hanafi mencakup barang tidak bergerak seperti uang, emas, perak, saham, dan deposito. dll.

Analogi dari perbedaan wakaf dan zakat adalah …

kalau zakat kita diberi ayam, ayamnya langsung kita makan, tapi kalau wakaf ayamnya kita pelihara dulu sampai bertelur, kemudian beranak pinak, ayamnya kita jual sehingga menghasilkan profit, keuntungan dari hasil penjualan tadi kita bagi manfaatnya kepada masyarakat.

berdasarkan perbedaan definisi antara zakat dan wakaf, zakat memberikan harta tertentu (kadar nisab & haul atau 2,5%) sedangkan wakaf memberikan harta kepada nadzir untuk dijaga asetnya dan dibagikan manfaatnya, baik muslim maupun non muslim

berdasarkan pemanfaatannya zakat peruntukannya hanya untuk 8 ashnaf, kalau wakaf pemanfaatannya untuk muslim dan nonmuslim atau UNLIMITED.

didalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 96 juga disebutkan: tidak akan mendapat kebaikan sampai kamu menafkahkan apa-apa yang kamu cintai….kalau dirumah kita ada sertifikat tanah, motor mahal, leptop mahal, mobil mewah, itulah kira-kira harta yang menurut Allah harta yang paling baik diwakafkan.

potensi zakat menurut PUSKAS BAZNAS 233 T sedangkan realisasinya hanya 9 M, terjadinya gap antara potensi dan realisasi, begitu juga wakaf potensinya dari 72 T hanya terealisasi 200 M, hal inilah yang merupakan dampak kenapa zakat dan wakaf belum berdampak secara signifikan.

itulah sedikit perbandingan definisi, analogi, pemanfaatan, serta antara zakat dan wakaf, FYI wakaf bisa membawa banyak dampak perubahan karena potensinya yang besar

telur hari ini lebih baik daripada ayam esok hari

dont put off till tomorrow what you can do today…..

kalau bisa berwakaf sekarang, kenapa harus nunggu kaya guys…

hidup sekali, hiduplah yang berarti,,, so berwakaflah

Iklan